Tahukah Anda jika keberhasilan usaha budidaya ikan gurame sangat ditentukan pemilihan benih dan bibit ikan unggul dan dijalankan dengan benar? Benarkah budidaya ikan gurame bisa menjadi menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan?

Ikan gurame merupakan salah satu ikan tawar yang paling digemari oleh masyarakat. Ikan yang satu ini memiliki daging begitu lembut dan gurih. Tentunya, hampir di semua tempat makan memiliki hidangan yang satu ini. Bahkan, bagi para ibu tentu sering memasak ikan ini.

Kebutuhan yang tinggi menuntut para petani ikan untuk bisa panen lebih banyak. Sayangnya, tidak semua petani bisa melakukan panen dengan penuh. Jika anda ingin menjadi petani ikan gurame, maka sangat tepat!

usaha budidaya ikan gurame
gurami ukuran 5.7

Memulai usaha budidaya ikan gurame untuk menghasilkan keuntungan melimpah. Terlebih, omset budidaya ikan gurame juga selalu baik dengan tajam.

Persiapan Usaha Budidaya Ikan Gurame

Untuk memulai usaha dengan bibit ikan gurame harus dilakukan dengan tepat. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.Mempersiapkan Kolam

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam usaha budidaya ikan gurami yaitu dengan mempersiapkan kolam. Persiapan kolam untuk ikan gurame harus dilakukan dengan tepat. Yaitu dengan mengeringkan terlebih dahulu kolam agar tanahnya retak. Kemudian, digemburkan agar bisa menghilangkan ammonia.

Selanjutnya, lakukan peningkatan keasaman tanah dengan cara pengapuran. Jika sudah, lakukan penaburan dolomit agar tanah semakin baik. Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanah agar ada nutrisi.

Terakhir, tambahkan air secara bertahap. Jika sudah penuh, barulah bibit bisa ditebar. Persiapan kolam ini termasuk dalam budidaya gurame modern yang layak dicoba.

2.Pemilihan dan Penebaran Bibit

Kemudian, untuk bibit ikan gurame juga harus dipilih dengan baik. Jangan pilih bibit gurame yang kurang sehat. Sebaiknya, pilih bibit ikan gurame yang aktif. Terutama, saat diberikan makanan terlihat geraknya lebih cepat. Serta, untuk bagian kulitnya tidak ada yang cacat. Setidaknya, untuk ukurannya yaitu berkisar 7 cm.

Tahapan dalam usaha budidaya ikan gurami selanjutnya adalah penebaran bibit. Jangan sembarangan dilakukan namun gunakan cara yang benar. Siapkan ember yang sudah terisi air dari kolam serta bibit ikan gurame. Setelah itu, biarkan sekitar 15 menit. Jika sudah, tinggal pindahkan ke kolam.

3.Perawatan dan Pakan Ikan

Ada hal lain yang perlu diperhatikan usaha budidaya ikan gurami yaitu perawatan bibit ikan gurame. Mengapa diperlukan perawatan? Tentunya, agar kualitas dari ikan tetap terjamin. Caranya, dengan melakukan pembersihan kolam jika terdapat sampah yang susah terurai.

Serta, memberikan pakan yang tepat dan sehat. Untuk pakannya bisa memberikan daun talas, daun singkong, daun pepaya atau pelet khusus ikan gurame. Pemberiannya yaitu 3 kali dalam sehari di pagi,siang dan malam hari.

Harga pelet untuk benih ikan gurame sebenarnya murah, namun agar lebih menghemat pengeluaran bisa dengan pakan pengganti lainnya.

4.Masa Panen Ikan Gurame

Nah, jika anda bertanya panen ikan gurame berapa bulan? Jawabannya, untuk masa panen dari ikan gurame sendiri berkisar 8 bulan. Jadi, ukuran dari ikan gurame sudah berkisar 500 gram. Dengan ukuran tersebut, sudah sangat cukup agar laku dipasaran. Jangan sampai terburu-buru dalam melakukan panen.

Karena, jika ukuran yang dijual lebih kecil akan sangat berpengaruh terhadap harga. Untuk itu, selalu pastikan agar bisa sesuai dengan masa panen. Tentunya, lebih baik menunggu sampai masa panen daripada mendapatkan kerugian.

Jadi, apakah anda tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan gurame? Jika dilakukan dengan benar tentu akan sangat menghasilkan. Terutama, dalam hal perawatan dan pakannya harus tepat. Selain itu lakukan panen sesuai dengan waktunya. Jika anda membutuhkan benih dan bibit ikan gurame unggul dengan harga murah, hubungi saja Mega Farm via WA 0812-1792-1400.