bibitikanmurah.com – Budidaya ikan gabus merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan selain budidaya lele dan gurame. Simak tips dan tahapan budidaya gabus di sini.

budidaya bibit ikan gabus murah berkualitas

Budidaya Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan serat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Meski tidak seramai budidaya ikan lele atau ikan gurame, namun budidaya ikan gabus merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan dalam industri perikanan.

Sebab, ikan gabus memiliki nilai jual yang sangat tinggi seperti jenis ikan air tawar lainnya.

Perlu diingat jika ada beberapa serat dan khasiat yang baik pada ikan gabus seperti asam amino esensial maupun non esensial yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan.

Selain layak untuk dikonsumsi, masa panen ikan gabus pun cenderung lebih cepat dibandingkan dengan ikan jenis air tawar lainnya.

Lantas, bagaimana proses budidaya ikan gabus yang menguntungkan ini? Simak pembahasannya bersama-sama.

Memilih budidaya ikan gabus di kolam terpal 

budidaya ikan gabusSumber: Instagram.com/griyaarkakendal

Sama seperti budidaya jenis ikan yang lain, penempatan budidaya ikan gabus pun juga menjadi perhatian yang penting.

Tak hanya berkaitan dengan tempatnya saja, namun juga berkaitan dengan biota dan ekosistem kehidupan ikan.

Oleh sebab itu, budidaya gabus di kolam terpal merupakan pilihan yang sangat menarik untuk diperhatikan.

Ada beberapa faktor penentu dalam memilih penggunaan kolam terpal untuk ikan gabus dengan pertimbangan sebagai berikut.

  • Kemudahan dalam mendapatkan saluran irigasi air.
  • Faktor kestabilan suhu kolam yang mudah terjaga.
  • Tidak mudah berbau.
  • Proses panen yang lebih mudah.
  • Jarang ditemukan penyakit atau hama.

Tahap-tahap budidaya ikan gabus  

Setelah memilih media kolam terpal untuk proses budidaya ikan gabus, selanjutnya kamu pun memulai proses budidaya gabus dengan tahapan sebagai berikut.

1. Pilih indukan ikan gabus 

budidaya ikan gabusSumber: Instagram.com/griyaarkakendal

Sebelum menjalani proses budidaya gabus, kamu pun harus memilih indukan berkualitas baik terlebih dahulu.

Indukan ikan gabus terdiri dari jenis indukan jantan dan betina dengan perbedaan karakteristik sebagai berikut.
– Ikan gabus jantan biasanya memiliki bentuk kepala oval sedangkan betina memiliki kepada bulat
– Warna tubuh ikan gabus jantan sedikit gelap sedangkan betina terdapat warna kontras yang lebih terang
– Lubang genital pada ikan gabus jantan biasanya berwarna merah dan apabila ditekan maka akan keluar

cairan bening sedangkan pada betina jika ditekan pada bagian perut akan mengeluarkan telur, bertekstur lembek dan cenderung berukuran lebih besar dari pada perut ikan gabus jantan.

2. Memilih pemijahan dan proses penetasan telur 

Pemijahan merupakan proses penetasan telur bersama induk sperma yang akan menghasilkan proses pembuahan.

Namun, proses ini bisa dilakukan jika menemukan indukan gabus yang cocok dengan bibit unggul.

Proses ini berawal sekitar 20 sampai dengan 30 indukan yang dicampurkan pada kolam yang sama dan biarkanlah selama tiga sampai empat hari.

Selama masa pemijahan, pastikan supaya air tersebut tetap mengalir dan ditambahkan oleh tanaman air untuk menunjang kebutuhan biota dan ekosistem saat budidaya.

Dalam satu kali proses pemijahan, induk betina menghasilkan 11 ribu butir telur.

Telur tersebut akan menetas dalam waktu kurang dari sehari.

Pastikan suhu kolam terpal tersebut diatur dalam posisi 28 derajat celcius dan biarkan anak gabus menetas tanpa makanan.

3. Perawatan larva ikan gabus 

Budidaya gabus selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah perawatan larva ikan gabus dengan tahap sebagai berikut:

– Perawatan ketika menginjak usia 2 hari         

Seperti yang telah disinggung di paragraf sebelumnya bahwa para larva gabus yang baru menetas memiliki cadangan makanan selama 2 hari, dan setelah itu kamu harus lanjut memberikan makanan seperti artemia sebanyak 3 kali sehari agar larva tersebut bisa tumbuh lebih cepat.

– Perawatan ketika berumur 5 hari

Ketika larva menginjak usia 5 hari, kamu tetap memberikan makan sebanyak 3 kali sehari dan jika perlu siapkan pula makanan tambahan seperti Daphnia.

– Penebaran benih 

Untuk proses penebaran benih sebaiknya dilakukan saat usia anakan benih menginjak dua minggu.

Penebaran benih ini akan dilakukan apabila larva atau benih diberikan pada pagi hari sebelum makan.

Setelah berlangsung selama dua hari, pemberian pangan seperti pellet atau makanan buatan pabrik pun bisa diberikan lebih dahulu.

4. Memberikan pangan secara rutin 

budidaya ikan gabusSumber: Instagram.com/rohmad.cy28

Tidak hanya sekadar pellet, ikan gabus juga bisa mengkonsumsi pangan lainnya seperti anakan rayap, ampasan daging maupun ikan teri kecil.

Kamu juga bisa membuat campuran makanan sendiri dengan bahan organik seperti ampas tahu, bekatul dan jagung.

Rebus sisa pangan dan makanan tersebut dan digiling sepenuhnya sebelum dijemur.

Harus diperhatikan, gabus merupakan ikan yang bersifat kanibal, sehingga kamu harus mengetahuinya sesering mungkin dalam memberi makan.

Apabila tidak diberi makanan, gabus tersebut akan memakan satu sama lain sehingga sangat merugikan.

Proses panen dan menjual hasil budidaya ikan gabus 

Setelah tahapan budidaya dilakukan secara runtut, tahapan selanjutnya adalah proses panen dan penjualan hasil budidaya gabus.

Di pasaran, untuk satu ekor ikan gabus hidup umumnya berkisar antara Rp60 ribu sampai dengan Rp125 ribuan.

Harga tersebut merupakan harga pasar yang dijual langsung secara eceran.

Tak hanya menjual ikan gabus dalam kondisi hidup, kamu pun bisa membuat gabus dalam satuan potongan dengan harga dan keuntungan yang lebih menjanjikan.

Umumnya, ikan gabus merupakan komoditas yang sangat laris pada restoran betawi, terlebih gabus pucung merupakan salah satu santapan yang nikmat.

Dapat disimpulkan jika budidaya gabus merupakan salah satu jenis budidaya ikan dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Tak hanya sekadar menjanjikan, peluang bisnis gabus juga sangat tinggi, terlebih belum banyak orang yang melakukan budidaya jenis ikan ini dipasaran.

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN GABUS”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan GABUS, Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

bibitikanmurah.com – Ikan gabus memiliki rasa yang lezat dan pangsa pasarnya juga relatif tinggi, tetapi jumlah produksinya masih rendah karena ikan ini masih ditangkap langsung dari alam. Oleh karena itu, budidaya ikan gabus mempunyai potensi bisnis yang bagus.

budidaya ikan gabus
Foto: Dok Pertanianku

Budidaya Ikan Gabus

Dengan labirin yang terdapat di tubuhnya ikan gabus bisa hidup tanpa air karena masih dapat menyerap oksigen untuk bernapas. Berikut cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang bisa Anda tiru.

Membuat kolam penampungan

Ada dua cara untuk melakukan budidaya ikan gabus di kolam terpal. Pertama, dengan jalan menggali tanah berukuran panjang 7 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 2 meter. Kedua, dengan cara membuat kerangka dari bambu di atas tanah tersebut dengan ukuran yang sama.

Sebelum terpal yang baru digunakan untuk kolam terpal sebaiknya terlebih dulu direndam di dalam air selama 3 hari supaya zat-zat kimianya berkurang. Kemudian terpal diletakkan ke dalam kolam dengan rapi dan rata dan pinggir terpalnya dipaku dan diikat dengan kawat supaya kuat.

Menebar bibit Ikan Gabus

Terlebih dulu tanah yang berasal dari kotoran hewan dimasukkan ke kolam dengan tinggi sekitar 30 cm. Kemudian air yang sebelumnya telah diberi biodicon DF dimasukkan setinggi 50—100 cm.

Biarkan dulu air selama 1 minggu dan air tersebut tidak boleh dialirkan supaya nantinya tumbuh plankton untuk pakan alami ikan. Selanjutnya, bibit ikan gabus ditebarkan ke kolam dan selama 2 hari tidak boleh diberikan pakan terlebih dulu.

Pemberian pakan

Anda membutuhkan kira-kira 2 kg per hari untuk memberi pakan ikan gabus kurang lebih 10.000 ekor. Pelet ikan gabus dapat dibuat dengan komposisi protein 15 persen, lemak 15 persen, karbohidrat persen, dan 60 persen sisanya berupa daging ampas dapur. Boleh juga memberikan pakan dengan kandungan ampas tahu 20 persen, jagung 10 persen, ikan teri 20 persen, dan dedak 50 persen.

Bahan-bahan tersebut digiling menjadi satu lalu dijemur sampai kering dan sebelum diberikan pada ikan gabus pakan itu dihaluskan dulu. Ingat, ikan gabus merupakan ikan kanibal. Oleh karena itu, jangan telat memberinya makan karena bila kelaparan gabus akan saling memangsa.

Panen Ikan Gabus

Ikan gabus dapat dipanen dengan cara bertahap disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Ikan gabus ini dapat dipanen secara bertahap dan tidak mesti bersamaan karena ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi daripada ikan lele, nila atau patin yang mesti dipanen secara keseluruhan.

Pasalnya, jika ketiga jenis ikan itu tidak dipanen secara bersamaan akan mengakibatkan ikan menjadi mudah stres, bahkan cepat mati. Dalam budidaya ikan gabus di kolam terpal, sebaiknya lakukan sortir ukuran terhadap ikan gabus setiap 1 bulan sekali supaya hasilnya maksimal. Buatlah bak sortir yang disesuaikan dengan ukuran ikannya, lalu diberi lubang.

 

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN GABUS”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan GABUS, Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

Supplier Jual Bibit Ikan Bawal Konsumsi siap kirim

bibit ikan bawal murah

Bibit Ikan Bawal Murah

Selamat datang di bibitikanmurah.com Jual bibit ikan air tawar berbagai macam jenis ikan ada dan  termasuk bibit bawal Terpercaya untuk mengatasi masalah seputar perikanan. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana masalah Anda bisa diatasi? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana mencari solusi yang tepat untuk masalah Anda? Anda datang ke tempat yang tepat!

Kami adalah penyedia Supplier Jual Bibit Ikan Bawal Konsumsi dengan harga murah serta berkualitas unggul  yang siap membantu menyelesaikan masalah Anda dan memberikan solusi terbaik. Simak artikel ini lebih lanjut untuk informasi selanjutnya.

bibit bawal

Bibit Bawal

Tentang Ikan Bawal

Siapa yang tidak mengenal ikan bawal? Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan piranha ini banyak dicari karena memiliki rasa daging yang enak. Selain itu, harga ikan bawal lebih murah dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi air tawar lainnya.

Untuk harga ikan bawal, bisa dijual seharga Rp 25.000-Rp 30.000 per kg. Selain untuk dikonsumsi, ikan bawal juga bisa menjadi ikan hias akuarium karena memiliki warna yang cantik.

Jual Bibit Ikan Bawal Konsumsi Kami

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan bawal, tentu harus mengetahui harga ikan bawal terbaru. Untuk itulah artikel ini dibuat, kami akan memberi tahu harga ikan bawal dengan berbagai ukuran per ekornya.

bibit ikan bawal

Bibit Ikan Bawal

Harga ikan bawal tergantung ukuran dan kualitasnya. Biasanya untuk harga bibit ikan bawal kualitas standar dijual berkisar Rp 1.000 per ekor. Sedangkan untuk harga bibit kualitas super dijual seharga Rp 1.500 per ekor.

Bibit ikan bawal kualitas super memiliki harga lebih mahal karena pertumbuhannya yang lebih cepat. Para pembudidaya ikan bawal mendapatkan bibit ikan bawal jenis ini dengan cara mengawinkan silang antara indukan bawal berkualitas baik.

bibit ikan bawal terdekat

Bibit Ikan Bawal Terdekat

Untuk mempermudah Anda yang ingin membeli bibit ikan bawal berbagai ukuran dan jenisnya. Berikut daftar harga bibit ikan bawal air tawar terlengkap dan terbaru.

Supplier Jual Ikan Bawal Bibit & Konsumsi siap kirim seluruh Indonesia.
Harga Bibit Ikan Bawal Berbagai Ukuran :

UKURANISI / BOXHARGA DASAR (Rp)
Larva120.000 ekor12
¾ inchi10.000 ekor30
1 inchi8.000 ekor50
3-4 cm6.000 ekor65
3-5 cm5.000 ekor80
4-6 cm4.000 ekor100
5-7 cm2.500 ekor150

Selain bisa mendapatkan ikan yang berkualitas, Anda juga akan mendapatkan harga yang ramah dengan kantong Anda. Pelayanan yang diberikan juga terjamin maksimal. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari bibitikanmurah.com :
1. Terjamin mutu dan kualitas bibitnya oleh pemerintah
2. Harga terbaik hingga win-win solution
3. Kualitas pelayanan terbaik dan fast respond
4. Garansi pengiriman hingga sampai di tujuan dalam kondisi yang baik
5. Pengiriman terpercaya
6. Support konsultasi mengenai dunia perikanan
7. Dan banyak fasilitas lain yang tentunya akan menguntungkan konsumen dan produsen

Bibit Ikan Bawal Murah Berkualitas

Bibit Ikan Bawal Murah Berkualitas

 

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN BAWAL”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan Lele, Bibit Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

 

 

Bibit Ikan Bawal Terdekat

Bibit Ikan Bawal Terdekat

bibit ikan bawal termurah

Bibit Ikan Bawal Termurah

bibit ikan bawal kualitas unggul

Bibit Ikan Bawal Kualitas Unggul

bibit ikan bawal

Bawal Konsumsi

tag : bibit ikan bawal,bibit ikan bawal bogor,bibit ikan bawal jawa timur,bibit ikan bawal bandung,bibit ikan bawal makassar,bibit ikan bawal bekasi,bibit ikan bawal yogyakarta,bibit ikan bawal pekanbaru,bibit ikan bawal medan,bibit ikan bawal depok,bibit bawal,bibit bawal air tawar,bibit bawal jogja,bibit bawal bekasi,bibit bawal medan,bibit bawal bandung,bibit bawal hitam,bibit bawal sleman,bibit bawal bogor,bibit bawal sukabumi,bibit bawal murah,jual bibit bawal murah

 

Cara Budidaya Bibit Ikan Nila Monosex Hingga Panen akan menjadi topik dalam pembahasan kali ini. Ikan nila sudah sangat populer dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis ikan konsumsi.

Memiliki tekstur daging yang enak dan gurih menjadi daya tarik tersendiri dari ikan nila, ikan nila masih satu family dengan ikan munjaer dan dikenal sebagai ikan yang mudah berkembang biak dan juga memiliki daya adaptasi yang tinggi. ~ikan nila monosex~

Sehingga relatif tidak sulit untuk membudidayakan bibit ikan nila. Di habitat alami ikan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari di daerah sungai, rawa hingga lokasi area persawahan. Ikan ini khususnya yang berukuran besar juga dapat bersifat kanibal jika dicampurkan dengan ikan jenis lain bahkan juga memiliki kecenderungan untuk memakan anaknya sendiri.

Nah, nilai ekonomis dari bibit ikan nila juga cukup tinggi dibarengi dengan permintaan pasar yang selalu stabil dan harga yang relatif sangat murah terutama untuk dijangkau masyarakat kelas menengah kebawah, oleh sebab itu pilihan untuk membudidayakan bibit ikan nila ini tentu kan sangat menguntungkan, yuk langsung saja disimak Cara budidaya bibit ikan nila monosex hingga panen.

Apa itu Ikan Nila Monosex

Ikan nila monosex adalah ikan nila yang dihasilkan oleh indukan yang telah direkayasa genetik untuk menghasilkan hanya telur ikan jantan saja. Pada prinsipnya ikan nila jantan relatif memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan ikan nila betina biasanya. Sehingga ikan nila monosex tentunya akan lebih cepat dipanen dan dalam waktu singkat para pembudidaya akan bisa mendapatkan keuntungan

Jenis ikan nila monosex ini merupakan hasil temuan dari mahasiswa IPB yang saat itu menciptakan ikan betina yang hanya akan menelurkan ikan jantan saja.

Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan produksi ikan nila yang tidak hanya diminati didalam tapi juga diluar negeri, Keunggulannya dibandingkan dengan ikan nila pada umumnya adalah bahwa tingkat pertumbuhannya relatif lebih cepat sehingga pemeliharaan dan budidaya akan berlangsung dengan cepat dan singkat.

Bagaimana Budidaya Ikan Nila Monosex

Seperti budidaya ikan nila pada umumnya, untuk budidaya ikan nila monosex ini juga tidak jauh berbeda sebagaimana Cara budidaya ikan aquaponik. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan antara lain adalah :

Pembuatan Kolam

Ikan Nila Monosex
Pada budidaya ikan nila kolam merupakan sarana yang sangat vital keberadaannya. Kolam dapat dibuat dengan menggunakan terpal, plastik, semen atau juga tanah.

Tergantung kepada modal yang anda miliki, jika modal besar maka sebaiknya buat kolam permanen menggunakan semen atau beton, namun jika modal terbatas maka bisa menggunakan kolam terpal atau juga kolam plastik. ~ikan nila~

Ukuran kolam bisa dibuat 5×5 dengan kedalaman 1-1,5 meter. Isikan air dengan volume hingga 80 persen dari ketinggian kolam, diamkan selama seminggu dan kemudian kuras dan isi dengan menggunakan air baru dan diamkan selama 2×24 jam dan baru setelahnya dapat dilakukan penebaran benih. Tambahkan tanaman seperti teratai atau eceng gondok agar oksigen dalam kolam tersedia dengan cukup sebagaimana yang juga dilakukan pada cara budidaya pembesaran ikan nila.

Penebaran benih Ikan

bibit ikan nila monosex
benih ikan nila


Tahapan selanjutnya adalah menebarkan benih kedalam kolam. Pilihlah benih yang benar-benar berkualitas dan sehat, memiliki gerakan yang lincah dan aktif seta berukuran seragam. Sebelum ditebar benih sebaiknya diaklimatitasi terlebih dahulu agar lebih mudah beradaptasi saat dipindahkan ke kolam yang tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang.

Caranya sangat mudah anda hanya perlu memindahkan benih ikan dari kantong plastik kedalam wadah yang terlebih dahulu telah diisi dengan air dari kolam.

Diamkan selama 1-2 jam, baru selanjutnya dapat ditebarkan di kolam. Penebaran benih dilakukan dengan memasukkan wadah baskom tadi perlahan lahan kedalam kolam dan biarkan ikan masuk ke kolam dengan sendirinya.

Pemberian Pakan

ikan nila monosex
Salah satu unsur penting dalam pemeliharaan ikan nila monosex adalah pemberian pakan. Pada dasarnya pakan ikan nila sangatlah gampang sebab anda bisa memberi mereka pakan pellet yang banyak dijual di toko makanan ikan.

Pakan ikan nila juga relatif tidak mahal dibandingkan pakan ikan mas yang harus mengandung protein tinggi seperti juga yang dilakukan pada cara budidaya ikan air tawar kolam terpal.

Waktu pemberian pakan dilakukan 3 kali dalam sehari yakni pada pagi, sore dan malam hari. Dosis atau takaran yang diberikan tergantung dengan pertumbuhan ikan semakin besar tentu jumlah kebutuhan ikan akan semakin besar dan banyak. Pemberian pakan dilakukan dengan cara ditebarkan ke kolam secara merata.

Pemeliharaan Nila

budidaya ikan nila
Pemeliharaan dalam budidaya ikan nila monosex meliputi pembersihan kolam secara rutin, sanitasi lingkungan sekitar kolam, menguras air kolam secara teratur serta juga penanggulangan hama dan penyakit yang dilakukan secara preventif.

Sebagai catatan juga pH serta suhu air harus selalu dijaga dimana pH ideal adalah antara 5-8 dan suhu air kolam yang ideal adalah 26-28 derajat celcius.

Panen Ikan Nila Monosex

panen ikan nila monosex
Panen ikan nila monosex sangat bergantung kepada permintaan konsumen, namun idealnya adalah ikan berbobot 200-250 gram, atau juga dapat tergantung dri permintaan pasar sebab ada sebagian konsumen yang menghendaki ukuran yang lebih kecil.

Oleh sebab itu patokan panen ikan nila monosex adalah bukan berdasarkan umur namun cenderung lebih kepada permintaan pasar.

Nah itulah tadi, Cara budidaya ikan nila monosex sampai panen, semoga bermanfaat.

 

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN MURAH”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

Pusat Bibit Ikan Tawar Murah Dengan Kualitas Baik

Bibitikanmurah.com adalah kelompok tani ikan dari unit khusus pendederan bibit ikan air tawar yang menyediakan aneka macam benih ikan unggul dan bermutu tinggi. Jenis benih ikan yang kami sediakan meliputi patin, bawal, mas, koi, nila, gurami, dan lele. Kami juga melayani pengiriman benih ikan hingga ke luar kota maupun luar pulau, baik melalui darat ataupun udara.

Bibit ikan yang kami produksi dan kami jual adalah bibit berkualitas dan dilakukan dengan cara penanganan yang baik dan benar. Hal ini terbukti dari informasi pembeli bahwa benih hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pula pertumbuhannya.

Harga Bibit Ikan MasBerikut kami informasikan data produk dari tempat usaha pembibitan kami di BibitIkanMurahCom :

Komoditas : PATIN, KOI, MAS, LELE, NILA, GURAMI, BAWAL
Sistem : Intensif (petani induk dan plasma)
Produksi : Rata–rata 500.000 ekor / bulan / komoditi
Pengangkutan : Benih dikemas dengan plastic polyteline dan dimasukkan ke dalam kotak styrofoam yang mampu bertahan hingga selama 17 jam.
Kota tujuan : Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Padang, Palembang, Lampung, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Pandan, Pangkal Pinang, Bali, Tarakan, Berau, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Ketapang, Sintang, Makasar, Gorontalo, Manado, Luwuk, Palu, Kendari, Ternate, Kupang NTT, Ternate, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Manokrawi, Jayapura, Sorong, dan berbagai kota lainnya di Indonesia.

Jual Bibit Ikan Murah Berkualitas dan benih ikan murah dari jenis bibit ikan nila, bibit ikan gurame, bibit ikan lele, bibit ikan patin, bibit ikan bawal, bibit ikan mas,

Jual Bibit Ikan Murah Berkualitas dan benih ikan murah dari jenis bibit ikan nila, bibit ikan gurame, bibit ikan lele, bibit ikan patin, bibit ikan bawal, bibit ikan mas,

Kami dari BibitikanMurah siap melayani berbagai pesanan, baik dari wilayah lokal maupun dari berbagai pulau dengan mengedepankan prinsip jujur dalam perhitungan, saling menguntungkan, aman sampai tujuan dan dapat menjadi mitra sejati dalam tata niaga perikanan.

Kami selalu siap melayani pengiriman benih ikan dengan kualitas unggul dengan menggunakan indukan yang bersertifikasi. Harga bibit ikan di tempat kami juga jauh lebih murah karena anda langsung berhubungan dengan kami sebagai petani. Silahkan lakukan negoisasi untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Bibit ikan siap kirim keluar jawa

Bibit ikan siap kirim keluar jawa

Untuk kapasitas pengiriman benih ikan berbagai jenis hasil produksi Bibit Ikan Murah ke seluruh wilayah di Indonesia adalah sebagai berikut :

Lele Sangkuriang, Phyton, Masamo ( Sertifikat SKAI)

Kami juga bersedia menerima dan menyediakan sarana maupun fasilitas jika anda ingin melakukan kunjungan, baik secara individu, rombongan, atau pun instansi. Baik untuk berdiskusi, belajar, ataupun melakukan studi banding tentang teknik dan cara pembenihan dan budidaya ikan secara intensif yang baik dan benar.

Lele Sangkuriang, Phyton, Masamo ( Sertifikat SKAI)

UKURAN KAPASITAS
2-2 cm 15.000 ekor
2-3 cm 8.000 ekor
3-4 cm 7.000 ekor
3-5 cm 5.000 ekor
4-6 cm 4.000 ekor
5-7 cm 3.000 ekor
Induk 15 ekor

Gurami Soang

UKURAN KAPASITAS
Telur 50.000 butir
2-3 cm 6.000 ekor
3-4 cm 5.000 ekor
3-5 cm 4.000 ekor
4-6 cm 3.000 ekor
5-7 cm 2.000 ekor
Jempol 1.200 ekor
Silet 700 ekor

Nila monosex ( Gift, Gesit, Merah Super cangkringan)

UKURAN KAPASITAS
Larva 50.000 ekor
2-3 cm 8.000 ekor
3-4 cm 6.000 ekor
3-5 cm 5.000 ekor
4-6 cm 4.000 ekor
5-7 cm 3.000 ekor

Bawal Super

UKURAN KAPASITAS
Larva 120.000 ekor
¾ inci 8.000 ekor
1 inci 7.000 ekor
3-5 cm 5.000 ekor
4-6 cm 3.500 ekor
5-7 cm 2.000 ekor

Patin (Siam, Albino)

UKURAN KAPASITAS
Larva 100.000 ekor
¾ inci 10.000 ekor
1 inci 7.500 ekor
1,5 inci 6.000 ekor
2 inci 4.000 ekor

Ikan Mas (Majalaya, Punten, Merah)

UKURAN KAPASITAS
Larva 40.000 ekor
2-3 cm 6.000 ekor
3-4 cm 5.000 ekor
3-5 cm 4.000 ekor
4-6 cm 3.000 ekor
5-7 cm 2.500 ekor

Koi (Kohaku, Showa, Sanke, Tanco, Platinum, dll)

UKURAN KAPASITAS
Larva 50.000 ekor
3 cm 2.500 ekor
4 cm 1.500 ekor
7 cm 600 ekor
12 cm 200 ekor
15 cm 75 ekor
20 cm 40 ekor
25 cm 25 ekor
30 cm 20 ekor
40 cm 10 ekor

Kami juga bersedia menerima dan menyediakan sarana maupun fasilitas jika anda ingin melakukan kunjungan, baik secara individu, rombongan, atau pun instansi. Baik untuk berdiskusi, belajar, ataupun melakukan studi banding tentang teknik dan cara pembenihan dan budidaya ikan secara intensif yang baik dan benar.

Untuk informasi pemesanan telur, larva dan benih atau bibit ikan patin, bawal, ikan mas, koi, nila, gurami, atau lele dengan harga murah berkualitas. 

2 Cara Pengiriman Kami agar Bibit dan Benih Ikan Air Tawar kami bisa Terjaga Kesegarannya

1. Pengiriman melalui Bandara Ngurah rai Bali

Bandara Ngurah rai Bali untuk Indonesia bagian tengah dan timur meliputi Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang, Ternate, Manokrawi, Jayapura, Ende, Flores dan Bima, Ambon, Maumere, Sorong, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado

2. Pengiriman Melalui Bandara YIA Yogyakarta

Bandara Adisucipto Yogyakarta untuk wilayah bagian barat meliputi Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Pangkalanbun, Sampit, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Aceh

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN MURAH”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

 

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

tag : Pusat Jual bibit ikan terdekat, jual bibit ikan nila terdekat, bibit ikan gurame, harga bibit, ikan nila, bibit ikan lele, jual bibit ikan bandung, bibit ikan nila tangerang

budidaya ikan lele

budidaya ikan lele

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah

Anda Membutuhkan Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

Tahukah Anda jika keberhasilan usaha budidaya ikan gurame sangat ditentukan pemilihan benih dan bibit ikan unggul dan dijalankan dengan benar? Benarkah budidaya ikan gurame bisa menjadi menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan?

Ikan gurame merupakan salah satu ikan tawar yang paling digemari oleh masyarakat. Ikan yang satu ini memiliki daging begitu lembut dan gurih. Tentunya, hampir di semua tempat makan memiliki hidangan yang satu ini. Bahkan, bagi para ibu tentu sering memasak ikan ini.

Kebutuhan yang tinggi menuntut para petani ikan untuk bisa panen lebih banyak. Sayangnya, tidak semua petani bisa melakukan panen dengan penuh. Jika anda ingin menjadi petani ikan gurame, maka sangat tepat!

usaha budidaya ikan gurame
gurami ukuran 5.7

Memulai usaha budidaya ikan gurame untuk menghasilkan keuntungan melimpah. Terlebih, omset budidaya ikan gurame juga selalu baik dengan tajam.

Persiapan Usaha Budidaya Ikan Gurame

Untuk memulai usaha dengan bibit ikan gurame harus dilakukan dengan tepat. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.Mempersiapkan Kolam

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam usaha budidaya ikan gurami yaitu dengan mempersiapkan kolam. Persiapan kolam untuk ikan gurame harus dilakukan dengan tepat. Yaitu dengan mengeringkan terlebih dahulu kolam agar tanahnya retak. Kemudian, digemburkan agar bisa menghilangkan ammonia.

Selanjutnya, lakukan peningkatan keasaman tanah dengan cara pengapuran. Jika sudah, lakukan penaburan dolomit agar tanah semakin baik. Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanah agar ada nutrisi.

Terakhir, tambahkan air secara bertahap. Jika sudah penuh, barulah bibit bisa ditebar. Persiapan kolam ini termasuk dalam budidaya gurame modern yang layak dicoba.

2.Pemilihan dan Penebaran Bibit

Kemudian, untuk bibit ikan gurame juga harus dipilih dengan baik. Jangan pilih bibit gurame yang kurang sehat. Sebaiknya, pilih bibit ikan gurame yang aktif. Terutama, saat diberikan makanan terlihat geraknya lebih cepat. Serta, untuk bagian kulitnya tidak ada yang cacat. Setidaknya, untuk ukurannya yaitu berkisar 7 cm.

Tahapan dalam usaha budidaya ikan gurami selanjutnya adalah penebaran bibit. Jangan sembarangan dilakukan namun gunakan cara yang benar. Siapkan ember yang sudah terisi air dari kolam serta bibit ikan gurame. Setelah itu, biarkan sekitar 15 menit. Jika sudah, tinggal pindahkan ke kolam.

3.Perawatan dan Pakan Ikan

Ada hal lain yang perlu diperhatikan usaha budidaya ikan gurami yaitu perawatan bibit ikan gurame. Mengapa diperlukan perawatan? Tentunya, agar kualitas dari ikan tetap terjamin. Caranya, dengan melakukan pembersihan kolam jika terdapat sampah yang susah terurai.

Serta, memberikan pakan yang tepat dan sehat. Untuk pakannya bisa memberikan daun talas, daun singkong, daun pepaya atau pelet khusus ikan gurame. Pemberiannya yaitu 3 kali dalam sehari di pagi,siang dan malam hari.

Harga pelet untuk benih ikan gurame sebenarnya murah, namun agar lebih menghemat pengeluaran bisa dengan pakan pengganti lainnya.

4.Masa Panen Ikan Gurame

Nah, jika anda bertanya panen ikan gurame berapa bulan? Jawabannya, untuk masa panen dari ikan gurame sendiri berkisar 8 bulan. Jadi, ukuran dari ikan gurame sudah berkisar 500 gram. Dengan ukuran tersebut, sudah sangat cukup agar laku dipasaran. Jangan sampai terburu-buru dalam melakukan panen.

Karena, jika ukuran yang dijual lebih kecil akan sangat berpengaruh terhadap harga. Untuk itu, selalu pastikan agar bisa sesuai dengan masa panen. Tentunya, lebih baik menunggu sampai masa panen daripada mendapatkan kerugian.

Jadi, apakah anda tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan gurame? Jika dilakukan dengan benar tentu akan sangat menghasilkan. Terutama, dalam hal perawatan dan pakannya harus tepat. Selain itu lakukan panen sesuai dengan waktunya. Jika anda membutuhkan benih dan bibit ikan gurame unggul dengan harga murah, hubungi saja Mega Farm via WA 0812-1792-1400.

Ingin ternak ikan gurame anda cepat besar dan panen? Simak ulasan mengenai hormon tiroksin yang dapat memacu pertumbuhan benih dan bibit ikan gurami dan berguna dalam budidaya ikan air tawar berikut ini. Tidak terkecuali pada ikan gurami, pakan dan cara pemberiannya merupakan salah satu faktor penting dalam budidaya ikan, terutama komposisi pakan dan kandungan nutrisinya.

Protein, lemak, karbohidrat diperlukan oleh tubuh ikan sebagai materi dan energi untuk pertumbuhan dan diperoleh dari pakan yang dikonsumsi. Selanjutnya, agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pakan yang dikonsumsi akan mengalami proses metabolisme.

Proses metabolisme dan pertumbuhan pada ternak ikan gurame dipengaruhi juga oleh faktor hormonal, diantaranya adalah hormon tiroksin yang dapat ditambahkan dalam formulasi pakan buatan yang bisa kita buat sendiri sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ikan gurami.

Hormon tiroksin ini mampu membantu untuk mengatur proses metabolisme pada ikan, memacu laju pertumbuhan (Matty, 1982). Selain itu, hormon tiroksin yang dicampurkan atau ditambahkan dalam pakan buatan juga mampu meningkatkan nafsu makan, menambah berat tubuh dan meningkatkan kecepatan absorbsi makanan (Guyton, 1983).

kolam ternak ikan gurame

Peran hormon tiroksin terhadap laju pertumbuhan ikan sangat dipengaruhi oleh dosis hormon, dimana hormon tiroksin ini mempunyai sifat biphasic, yaitu pada dosis rendah bersifat anabolik (digunakan untuk sintesis senyawa baru), sedangkan pada dosis tinggi bersifat katabolik (dioksidasi menghasilkan energi). Disamping itu, peran hormon tiroksin juga dipengaruhi oleh ukuran dan umur ikan, keadaan nutrisi pakan serta keadaan fisiologi ikan (Lam, 1985).

Manfaat Hormon Tiroksin untuk Ternak Ikan Gurame

Menurut Djojosoebagio (1996), tiroksin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, yang disintesis dan disimpan didalam folikel serta mengandung unsur yodium. Tiroksin termasuk hormon amina yang berasal dari asam amino tiroksin yang mengalami modifikasi sebagai hasil yodonisasi (pengikat yodium pada asam amino tiroksin) dan penyatuan dari dua molekul asam amino tiroksin. Tiroksin memiliki struktur kimia L-3,5,3’-triiodotironin atau T3 dan L-3,5,3’,5’-tetraiodotironin atau T4.

Matty (1985) mengatakan bahwa tiroksin memainkan peran dalam pertumbuhan dan metabolisme ikan sehingga ternak ikan gurame akan lebih cepat perkembangannya.

Selanjutnya Hoar (1975) mengatakan bahwa tiroksin terlibat dalam metabolisme protein secara langsung dan tidak langsung walaupun pada saat tersebut belum ada informasi yang cukup untuk menerangkan mekanismenya.

Hormon tiroksin dapat dibutuhkan oleh semua jaringan tubuh, khususnya bagi sel yang sedang tumbuh. Pada proses metabolisme, tiroksin mempercepat reaksi glikolisis di hati. Tiroksin juga meningkatkan penyerapan heksosa dari usus (Matty, 1982).

Turner dan Bagnara (1976) mengkategorikan fungsi hormon tiroksin menjadi dua kelompok, yaitu fungsi yang mempengaruhi metabolisme dan fungsi yang meningkatkan pertumbuhan.

Pengaruh terhadap metabolisme meliputi kalorigenesis serta pengaturan sistem transpor air dan ion. Sementara itu, pengaruh terhadap pertumbuhan terjadi melalui peningkatan laju pertumbuhan jaringan homoiotermal dan pengaturan metamorfosis.

Hormon tiroksin merangsang laju oksidasi bahan makanan dalam sel dan dengan demikian meningkatakan laju konsumsi oksigen, meningkatkan pertumbuhan, dan mempercepat proses metamorfosis (Djojosoebagio, 1996).

Pacu Pertumbuhan Bibit Ikan Gurame

Matty (1985) menyatakan bahwa hormon tiroksin meningkatkan pengembalian dan atau penyerapan asam amino oleh usus sehingga terjadi peningkatan konsentrasi asam amino bebas dalam plasma. Tiroksin berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit ikan gurame dan hewan muda dan proses metamorfosisnya.

Pengaruh utama tiroksin adalah merangsang pertumbuhan sistem saraf dan tulang. Hormon ini juga meningkatkan pertumbuhan ikan steelhead trout dan teleostei lainnya dengan meningkatkan aktivitas pengambilan makanan (nafsu makan), effisiensi makanan dan pembentukan rangka.

Hormon tiroksin dapat menyebabkan pertumbuhan normal pada tulang dan sebaliknya dapat pula menyebabkan pertumbuhan abnormal (Higgs, 1983) pada ternak ikan gurame.

Penelitian Matty (1985) menunjukkan bahwa penggunaan tiroksin secara oral terhadap ikan trout pelangi (Salmo gairdneri) meningkatkan panjang dan bobot tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan panjang dan bobot ikan kontrol.

Sedangkan pada penelitian Handayani (2001), pemberian hormon tiroid (triiodotironin) dengan dosis 10 mg/kg pakan pada ternak ikan gurame dengan berat ikan uji 0.39 g/ekor sampai 21.99 g/ekor mampu meningkatkan aktivitas enzim protese dan lipase, hal ini menyebabkan retensi lemak dan retensi protein meningkat pula.

Hasil penelitian yang dilakukan Subiyanti (2005) juga menunjukkan bahwa pemberian hormon tiroksin T4 (L-3,5,3’,5’-tetrtaiodotironin) yang dicampurkan dalam pakan buatan untuk ternak ikan gurame umur 60 hari dengan protein pakan 32% dan dosis hormon tiroksin 10 mg/kg pakan mampu meningkatkan aktivitas pengambilan makanan (nafsu makan), effisiensi makanan dan pembentukan rangka, meningkatkan laju metabolisme ikan dan merangsang sel-sel dalam tubuh untuk melakukan proses oksidasi terhadap bahan makanan sehingga meningkatkan laju pertumbuhan benih ikan gurami.

Sedangkan penambahan dosis yang lebih tinggi (> 10 mg/kg pakan) dalam pakan buatan dapat menyebabkan abnormalitas pada metabolisme tubuh, seperti yang diungkapkan oleh Djojosoebagio (1996) yang menyatakan bahwa individu yang mengandung tiroksin dengan dosis yang tinggi diduga melakukan metabolisme terhadap sel-selnya sendiri.

Dalam hal ini kecepatan pembentukan dan pengrusakan sel hampir sama, sehingga penambahan sel baik jumlah ataupun ukuran relatif tidak ada. Hal ini juga didukung oleh penelitian Subiyanti (2005) yang menyebutkan bahwa pemberian hormon T4 pada dosis yang lebih tinggi pada benih ternak ikan gurame menyebabkan laju pertumbuhan harian yang rendah.

Selain itu, dengan pemberian hormon tiroksin (T4) dalam pakan buatan dengan dosis 10 mg/kg pakan juga mampu meningkatkan effisiensi pemanfaatan pakan yang diberikan (memberikan nilai FCR yang lebih rendah, yaitu sebesar 1.94) (Subiyanti, 2005).

Hal ini didukung oleh pendapat Guyton (1983) yang menyatakan bahwa efek utama hormon tiroksin adalah meningkatkan aktivitas metabolisme sebagian jaringan tubuh sehingga kecepatan penggunaan makanan untuk energi sangat dipercepat.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pertumbuhan dan effisiensi pemanfaatan pakan benih ikan gurami disarankan dilakukan penambahan hormon tiroksin dalam pakan buatan dengan dosis 10 mg/kg pakan agar kebutuhan energy benih ikan gurami dapat terpenuhi. Hormon tiroksin ini dapat dicampurkan pada saat pembuatan pakan buatan sendiri atau pada pakan buatan yang sudah jadi (buatan pabrik) untuk ternak ikan gurame yang berhasil.

Infusoria adalah salah satu makanan alami budidaya ikan hias yang termasuk kelas dari protozoa. di kelas infusoria ini, dikenal subkelas ciliata,yang sudah tak asing lagi contohnya paramecium, didinium, colpoda, dan balantidium.infusoria umumnya hidup di air tawar. Infusoria memiliki Ukuran bervariasi antara 25 micron – 300 micron, jadi cukup kecil untuk dimakan oleh benih ikan.

Biasanya Infusoria banyak ditemukan di air yang mengandung bahan organik, seperti air dari kolam ikan hias yang berwarna hijau, terutama di tempat-tempat yang sedang mengalami pembusukan berat.

Infusoria juga makanan ganggang renik, ragi, dan bahan organik yang halus. walaupun termasuk protozoa, tapi infusoria bisa dilihat dengan mata secara langsung. Kalau dilihat, akan tampak seperti bintik putih yang bergerak-gerak.

ikan hias

Cara Membuat Infusoria Sebagi Makanan Benih Ikan Hias

Cara mengkultur infusoria makanan benih ikan hias, termasuk untuk bibit ikan mas adalah:

  1. Cara mengkultur infusoria makanan benih ikan hias. Siapkan dulu wadah buat kulturnya. Bisa dipakai botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter yang dipotong bagian atasnya.
  2. Bibit infusoria bisa dicari di selokan ataupun kolam ikan. Mengambilnya, langsung ciduk saja air di bagian pinggir. Bibit tersebut dihindarkan dari sinar matahari langsung. Lebih baik kita mencarinya pagi-pagi.
  3. Wadah buat kultur infusoria diisi air 3/4nya. Juga diisi dengan bahan makanan untuk infusoria.bahan makanannya bebas, bisa pakai sayuran, tempe, pelet jamuran, daun bayam lebar dan jenis sayuran lainnya yang berwarna hijau.
  4. Kemudian di rebus sampai jadi bubur (atau sangat matang) dan dibusukkan.
  5. Bibit infusoria dimasukkan ke wadah kultur. Setelah itu, tutup dengan kain biar sirkulasi udara lancar.
  6. Simpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.
  7. 4 atau 5 hari kemudian bisa dipanen. Bisa dilihat infusoria berkembang biak jadi banyak banget, wadah jadi penuh bintik-bintik putih (ya infusorianya itu)

Cara mengkultur infusoria secara masal untuk makanan ikan hias.

  • Cara mengkultur infusoria secara masal untuk makanan ikan Siapkan kolam atau bak beton ukuran 1 ton atau lebih
  • Wadah diisi air mentah (air tawar, air payau, atau air laut) tergantung jenis Infusurianya.
  • Air media dimasukkan jerami atau rumput kering ditambah pupuk kandang. Setelah satu minggu maka air media akan ditumbui oleh bakteri, cendawan, plankton, dan ganggng, yang nantinya akan menjadi makanan Infusuria. Air media ditulari bibit Infusuria.
  • Dalam waktu satu minggu Infusuria akan tumbuh padat yang ditandai warna air media berubah menjadi keputih-putihan.
  • Infusuria siap dipanen untuk diberikan benih dan bibit ikan atau ikan-ikan bertubuh kecil, seperti ikan moly, ikan Gupy, tetra dan lainnya. Cara panen dengan mengambil air media dengan timba dan airnya disaring dengan seser halus agar kotoran tidak ikut, cara memberikan untuk makanan ikan cukup disiramkan merata kedalam wadah kultur Infusuria.

Cara Pemberian Makanan Infusoria Untuk Ikan HIas

Cara pemberian makanan infusoria untuk ikan dengan cara mengambil infusuria bersama airnya dengan menggunakan baskom atau ember, lalu ditebarkan pada media pemeliharaan ikan di kolam, bak atau diakuarium.

Sesuai dengan takaran atau dosis yang dikehendaki. Contoh satu bak pemeliharaan bibit ikan koi ukuran 1 m3 atau 1000 liter diberikan 5 liter air infusoria.

Sepandai – pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai – pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. Semoga infrmasi tentang makanan benih ikan hias ini bermanfaat