WA Penjual
induk ikan lele lokal

6 Faktor Kegagalan Saat Budidaya Bibit Ikan Lele

Budi daya lele saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dijalankan orang. Menjalankan usaha budi daya lele sebenarnya tidaklah sulit. Dibutuhkan pemahaman yang benar dalam budi daya lele agar memberikan keuntungan
Namun, masih saja ada yang bingung ataupun gagal karena ternak lele yang dijalankan tidak menghasilkan atau bahkan membuat rugi.
Berikut 6 hal yang membuat usaha ternak lele menjadi gagal menurut pengguna twitter @petanirumah:


1. Pemilihan lokasi kolam yang kurang tepat

Tak banyak pengusaha ternak lele pemula yang menyadari bahwa lokasi kolam sangat memengaruhi perkembangan ikan lele. Misalnya lokasi tersebut bebas banjir, bebas dari suara bising dan lahan tidak tidak terbatas. Lahan terbatas kerap menjadi permasalahan utama bagi pemula.
Tampaknya sepele, namun kerugian akan sangat besar bila tidak melakukan survei lokasi dengan tepat. Jangan mentang-mentang ada tanah kosong langsung buat kolam.
2. Pengelolaan air kurang tepat
Jika pH air kolam tidak stabil, ikan lele akan mengalami stres yang berdampak pada hilangnya nafsu makan lele. Dampak lele yang tidak mau makan (terlebih jika usianya masih muda) akan sangat fatal, yakni kematian.
Hindari penggunaan air PDAM karena berdampak buruk pada kesehatan ikan lele. Air PDAM mengandung kaporit yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme.
3. Salah pilih benih lele
Selain kolam, pemilihan benih lele pun sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Semakin baik kualitas benih ikan lele maka semakin tinggi pula persentase keberhasilan. Sebaliknya, benih ikan lele yang buruk hanya akan menyebabkan peningkatan risiko kegagalan budidaya ternak lele. Untuk mendapatkan benih ikan yang berkualitas tinggi, belilah benih ikan di tempat khusus, bukan dari penjual ikan hias.
4. Salah memberi pakan
Penyebab kegagalan budidaya ternak lele selanjutnya adalah kesalahan pada pemberian pakan. Jika melakukan kesalahan sedikit saja saat tahap pembesaran, dampaknya sangat besar, yakni kerugian. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pakan ikan lele sesuai dengan jadwal. Jika lele jarang diberi makan, kesehatan lele akan terganggu dan dapat meningkatkan risiko kematian
5. Tidak melakukan filter lele besar dan kecil
Kesalahan yang kerap terjadi bagi pemula ternak lele adalah tidak melakukan filter terhadap lele beear dan lele kecil. Hal ini beresiko ikan lele yang lebih kecil untuk dimakan oleh yang lebih besar, karena lele adalah kanibal (makan sesama).
6. Minimnya pengetahuan tentang probiotik, vitamin dan obat untuk ikan
Dalam dunia pertanian, peternakan dan perikanan khususnya probiotik dan vitamin merupakan salah satu hal penting untuk menjaga lingkungan air dan ikan agar selalu sehat.

sumber : kumparan

 

 

Pusat Benih Ikan Air Tawar / Bibit Ikan  Murah Berkualitas.

Pusat Grosir Bibit ikan air tawar dan benih ikan murah dari jenis bibit ikan nila, bibit ikan gurame, bibit ikan lele, bibit ikan patin, bibit ikan bawal, bibit ikan mas, atau koi? Hubungi saja Mega Farm Peternak Bibit Ikan Unggul. Mega Farm adalah Kelompok peternak / petani bibit ikan dari unit khusus pendederan bibit ikan air tawar yang menyediakan aneka macam benih ikan unggul dan bermutu tinggi. Kami juga melayani pengiriman benih ikan / bibit ikan berkualitas unggulan hingga ke luar kota maupun luar Jawa, baik melalui darat ataupun udara.

Informasi Pemesanan “BIBIT IKAN LELE”, Silahkan Menghubungi :

Pusat Jual Benih Ikan / Bibit Ikan Air Tawar Murah Anda Membutuhkan Bibit ikan GABUS, Bibit ikan Lele, Ikan Bawal, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Mas Berkualitas dengan Harga Murah?

Hubungi Kami +62 812-1792-1400

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.